Halaman

    Social Items

Piranti Jaringan Komputer

Pengertian Piranti Pendukung Jaringan Komputer

Piranti(device) pendukung jaringan komputer merupakan peripheral komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan, contoh dari alat tersebut seperti modem, bluetooth, router, switch dan hub. Masih banyak lagi piranti pendukung jaringan komputer lainnya yang akan saya jelaskan berikut ini.

 Macam-Macam Piranti Pendukung Jaringan

Berikut beberapa pirantipendukung jaringan komputer,diantaranya :

1. Hub atau Concentrator

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.

 

 

2. Konektor UTP (RJ-45)

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Konektor RJ45 adalah connector tempat dimana kabel-kabel yang ada pada kabel UTP di tempatkan. RJ bisa di ibaratkan kepala dari kabel jaringan dimana melalui RJ45 ini lah kabel di hubungkan ke port jaringan yang ada pada sebuah komputer atau peralatan lainnya, dan juga RJ45 adalah kabel ethernet yang biasa di gunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan
komputer tipe lainnya. Fungsi konektor RJ45 adalah memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk di pindah-pindah serta mudah untuk di cabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

3. Kabel UTP

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
UTP adalah kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair, kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari jenis bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki warna berbeda. Fungsi kabel UTP adalah di gunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta di bagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuan nya sebagai penghantar data.

4. Gateway

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlGateway (Gerbang Jaringan) merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan kaidah komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dialirhantarkan ke jaringan komputer yang lain dengan kaidah jaringan berbeda. Pengartian tersebut adalah arti utama istilah gerbang jaringan. Seiring dengan merebaknya Internet, pengartian gerbang jaringan sering kali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gerbang jaringan" dengan "penghala" (router) yang sebetulnya tidak benar. Kadangkala, kata "gerbang jaringan" digunakan untuk memerikan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena kerap kali perbedaan kaidah komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar.

5. Modem

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
 Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

6. STP (Shielded Twisted Pair)

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlShielded Twisted Pair (Kabel pasangan berpilin atau berbelit) merupakan sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.




7. Coaxial

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlCoaxial Cable Adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Jenis kabel ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi. Kabel coaxial mempunyai pengalir tembaga di tengah (centre core). Lapisan plastik (dielectric
insulator) yang mengelilingi tembaga berfungsi sebagai penebat di antara tembaga dan “metal shielded“. Lapisan metal berfungsi untuk menghalang sembarang gangguan luar dari lampu kalimantang, motors, and perlatan elektonik lain. Lapisan paling luar adalah lapisan plastik yang disebut Jacket plastic. Lapisan ini berfungsi seperti jaket yaitu sebagai pelindung bagian terluar. Kabel koaksial biasa disebut juga BNC (Bayonet Naur Connector)ATAU COAX kabel ini sering digunakan untuk kabel antena tv dan sering juga digunakan pada jaringan LAN.

8. Bluetooth

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlBluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

9. Media Infra Merah

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlInframerah memiliki frekuensi yang jauh lebih tinggi dari pada gelombang radio, yaitu di atas 1014 Hz. Inframerah yang digunakan umumnya dinyatakan dalam panjang gelombang (biasanya dalam nanometer) bukan dalam frekuensi. Inframerah yang biasa digunakan adalah yang memiliki panjang gelombang 800 nm dan 1300nm. Keuntungan menggunakan inframerah dibandingkan dengan gelombang radio adalah tidak diperlukan regulasi yang sulit dalam penggunaannya. Untuk mereduksi efek noise pada sinyal infra merah, digunakan bandpass filter.

10. Satelit

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlPengertian Satelit adalah suatu alat teknologi yang yang sangat canggih dibuat dengan pemikiran manusia untuk membantu kelancaran aktifitas manuisa dan suatu revolusi manusia tentang sebuah alat ini yang mampu memecahkan segala masalah alam. Satelit ini diletakan di pada posisi hampa udara yang ada diluar angkasa dengan cara dikendalikan dari bumi satelit tersebut atau istilah lainnya adalah stasiun pengendali. Ada dua fungsi satelit yaitu : Uplink yaitu Transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit.Sebagai contoh : sinyal yang ada distasiun dikirim ke satelit VSAT/IM2/PALAPA dan Downlink yaitu Transmisi dari satelit ke stasiun bumi. Sebagai contoh : Setelah menerima sinyal dari bumi, maka satelit VSATE/IM2/PALAPA ini akan kembali mengirim ke bumi untuk disiarkan kembali ,yang mana sinyal tersebut dipancarkan ke antena penerima di bumi/TV/TOWER. Fungsi lain satelit, yaitu :
  • Sebagai transmisi sinyal jarak jauh. Sebagai contoh yaitu pada sistem jaringan WAN, yang mana sinyal internet secara global.
  • Repeater di langit. Yang dimaksud adalah sebagai penguat sinyal, misalnya jarak sinyal yang akan dikirim tersebut sangat jauh tentu perlu yang namnya Repeater atau pembantu sinyal istilah lainnya adalah penambah daya sinyal.
  • Melihat cuaca dan iklim. Ini biasanya digunakan pada BMKG yaitu memantau keadaan alamat baik itu angin, air laut, tanah, gempa bumi, gunung merapi dan sebagainya yang bisa dipantau melalui satelit ini.
  • Komunikasi siaran radio. Ini sudah pasti kita tahu dengan namanya radio yang mana juga tidak jauh berbeda dengan sinyal pada TV. Hanya radio mengirimkan data suara saja sedangkan TV suara dan gambar yang bisa ditampilkannya.
  • Kepentingan militer. Ini sebagai contoh adalah untuk mengendalikan pesawat tanpa awak menggunakan sinyal satelit yang mana nantinya bisa di kontrol pesawat tanpa awak dari jarak jauh.
  • Mengkaji benda benda dilangit. Nah pada point ini yaitu fungsi satelit sebagai alat untu meneliti benda-benda yang ada di alam ini, baik itu dibumi ataupun diluar angkasa.

11. Repeater

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).





12. BTS (Base Transceiver Station)

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlBTS adalah kependekan dari Base Transceiver Station. Terminologi ini termasuk baru dan mulai populer di era booming seluler saat ini. BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell. Komunikasi seluler adalah komunikasi modern yang mendukung mobilitas yang tinggi. Dari beberapa BTS kemudian dikontrol oleh satu Base Station Controller (BSC) yang terhubungkan dengan koneksi microwave ataupun serat optik.


13. Antena Wajan Holic

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Wajan Bolic adalah sebuah antena yang terbuat dari bahan dasar Wajan. Wajan Bolic adalah versi keduanya dari Antena Grid, bedanya Wajan Bolic dengan Antena Grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya. Antena grid / satelit seperti yang kita tahu, harganya sangatlah mahal, mungkin bisa 2 atau 3 juta-an Woow... Sementara Wajan Bolic hanya membutuhkan biaya kurang dari 200.000. Dengan fungsinya yang hampir sama dengan antena grid, Wajan Bolic lebih efisien. Wajan Bolic merupakan antena reciever gelombang radio dengan frekuensi 2.4Ghz. Dan hebatnya lagi, Wajan Bolic adalah karya anak Indonesia. Fungsi dari antena wajan holic, yaitu :
  • Menembak sinyal WI-FI yang letaknya jauh (bisa menembak sampai 2 Km-9Km)
  • Memperkuat sinyal wi-fi
  • Menambah sinyal Modem (jika di gunakan untuk modem, bisa menembak HSDPA sampai HSUPA)

14. Bridge

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak; jika segmennya berbeda, paket diteruskan ke segmen tujuannya. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak untuk tak menyebar keluar dari satu segmen.

15. Switch

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Switch yang dimaksud di sini adalah LAN switch. Switch adalah perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu :
  • Cut-through
  • Store-and-forward
Switch cut-through memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuannya sebelum meneruskan ke segmen tujuan. Switch store-and-forward, kebalikannya, menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan. Waktu yang diperlukan untuk memeriksa satu paket memakan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan
pada paket dan mencegahnya agar tak mengganggu jaringan. Dengan teknologi terbaru, kecepatan switch store-and-forward ditingkatkan sehingga mendekati kecepatan switch cut-through. Di pasaran Anda juga bisa memilih switch hibrid yang menggabungkan arsitektur cut-through dan store-and-forward.
Dengan switch, Anda mendapatkan keuntungan karena setiap segmen jaringan memiliki bandwidth 10Mbps penuh, tidak terbagi seperti pada “shared network.” Dengan demikian kecepatan transfer data lebih tinggi. Jaringan yang dibentuk dari sejumlah switch yang saling terhubung disebut “collapsed backbone.” Saat ini banyak orang memilih menggunakan jaringan Ethernet 10Mbps pada segmen-segmennya dan Fast Ethernet 100Mbps pada koneksi ke server. Untuk keperluan ini digunakan switch 10/100 yang biasanya memiliki beberapa (4-24) port 10Mbps untuk koneksi ke komputer klien dan 1 port 100Mbps ke komputer server.
Product sejenis ini adalah :3com superstack, corebuilder dan cisco catalyst serta dlink

16. Router

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring. Router minimal memiliki 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya tentang mengenal teknik subneting telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya bisa terjadi dengan bantuan Router.


17. Access Point

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlAccess Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Access point memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan. Dan juga digunakan untuk
membuat koneksi wireless pada sebuah jaringan. Access Point dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) yang merupakan perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.

18. Print Server

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlSebuah server cetak , atau printer Server , adalah komputer atau perangkat yang terhubung ke satu atau lebih printer dan computer klien melalui jaringan , dan dapat menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai.
Istilah ini dapat merujuk kepada:
  • Sebuah jaringan computer host dengan satu/lebih printer bersama.
  • Sebuah jaringan komputer yang mengimplementasikan protokol pencetakan seperti internet printing protocol, jalur deamon protocol atau Microsoft protocol jaringan percetakan.
  • Sebuah perangkat khusus yang menghubungkan satu atau lebih printer ke jaringan area local (LAN). Biasanya memiliki konektor LAN tunggal, biasanya sebuah RJ-45 soket, mungkin sebuah wifi koneksi, dan satu atau lebih port printer fisik, biasanya beberapa kombinasi dari DB9 DB25 atau seri konektor, Centronics parallel konektor, dan (universal serial bus) konektor . Pada dasarnya perangkat ini didedikasikan menyediakan konversi protokol mencetak dari apa yang dikirim oleh komputer klien untuk apa yang akan diterima oleh printer. Perangkat cetak dedicated server ]dapat mendukung berbagai protokol termasuk pencetakan LPD / LPR di jaringan melalui TCP / IP , NetWare , NetBios / Net Beui lebih dari NBF, Port TCP 9100 atau raw printer melalui protokol TCP / IP , DLC atau IPX / SPX. Peralatan dedicated server cenderung cukup sederhana dalam kedua konfigurasi dan fitur. Cetak fungsi server dapat diintegrasikan dengan perangkat lain seperti router nirkabel, firewall, atau keduanya.

Piranti Pendukung Jaringan Komputer

I am D

Piranti Jaringan Komputer

Pengertian Piranti Pendukung Jaringan Komputer

Piranti(device) pendukung jaringan komputer merupakan peripheral komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan, contoh dari alat tersebut seperti modem, bluetooth, router, switch dan hub. Masih banyak lagi piranti pendukung jaringan komputer lainnya yang akan saya jelaskan berikut ini.

 Macam-Macam Piranti Pendukung Jaringan

Berikut beberapa pirantipendukung jaringan komputer,diantaranya :

1. Hub atau Concentrator

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Hub adalah perangkat jaringan yang terdiri dari banyak port untuk menghubungkan Node atau titik sehingga membentuk jaringan yang saling terhubung dalam topologi star. Jika jumlah port yang tersedia tidak cukup untuk menghubungkan semua komputer yang akan dihubungkan ke dalam satu jaringan dapat digunakan beberapa hub yang dihubungkan secara up-link.

 

 

2. Konektor UTP (RJ-45)

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Konektor RJ45 adalah connector tempat dimana kabel-kabel yang ada pada kabel UTP di tempatkan. RJ bisa di ibaratkan kepala dari kabel jaringan dimana melalui RJ45 ini lah kabel di hubungkan ke port jaringan yang ada pada sebuah komputer atau peralatan lainnya, dan juga RJ45 adalah kabel ethernet yang biasa di gunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan
komputer tipe lainnya. Fungsi konektor RJ45 adalah memudahkan penggantian pesawat telpon atau memudahkan untuk di pindah-pindah serta mudah untuk di cabut tanpa khawatir tersengat aliran listrik dan menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

3. Kabel UTP

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
UTP adalah kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair, kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari jenis bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki warna berbeda. Fungsi kabel UTP adalah di gunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta di bagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuan nya sebagai penghantar data.

4. Gateway

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlGateway (Gerbang Jaringan) merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan kaidah komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dialirhantarkan ke jaringan komputer yang lain dengan kaidah jaringan berbeda. Pengartian tersebut adalah arti utama istilah gerbang jaringan. Seiring dengan merebaknya Internet, pengartian gerbang jaringan sering kali bergeser. Tidak jarang pula pemula menyamakan "gerbang jaringan" dengan "penghala" (router) yang sebetulnya tidak benar. Kadangkala, kata "gerbang jaringan" digunakan untuk memerikan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena kerap kali perbedaan kaidah komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar.

5. Modem

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
 Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

6. STP (Shielded Twisted Pair)

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlShielded Twisted Pair (Kabel pasangan berpilin atau berbelit) merupakan sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.




7. Coaxial

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlCoaxial Cable Adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Jenis kabel ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi. Kabel coaxial mempunyai pengalir tembaga di tengah (centre core). Lapisan plastik (dielectric
insulator) yang mengelilingi tembaga berfungsi sebagai penebat di antara tembaga dan “metal shielded“. Lapisan metal berfungsi untuk menghalang sembarang gangguan luar dari lampu kalimantang, motors, and perlatan elektonik lain. Lapisan paling luar adalah lapisan plastik yang disebut Jacket plastic. Lapisan ini berfungsi seperti jaket yaitu sebagai pelindung bagian terluar. Kabel koaksial biasa disebut juga BNC (Bayonet Naur Connector)ATAU COAX kabel ini sering digunakan untuk kabel antena tv dan sering juga digunakan pada jaringan LAN.

8. Bluetooth

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlBluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

9. Media Infra Merah

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlInframerah memiliki frekuensi yang jauh lebih tinggi dari pada gelombang radio, yaitu di atas 1014 Hz. Inframerah yang digunakan umumnya dinyatakan dalam panjang gelombang (biasanya dalam nanometer) bukan dalam frekuensi. Inframerah yang biasa digunakan adalah yang memiliki panjang gelombang 800 nm dan 1300nm. Keuntungan menggunakan inframerah dibandingkan dengan gelombang radio adalah tidak diperlukan regulasi yang sulit dalam penggunaannya. Untuk mereduksi efek noise pada sinyal infra merah, digunakan bandpass filter.

10. Satelit

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlPengertian Satelit adalah suatu alat teknologi yang yang sangat canggih dibuat dengan pemikiran manusia untuk membantu kelancaran aktifitas manuisa dan suatu revolusi manusia tentang sebuah alat ini yang mampu memecahkan segala masalah alam. Satelit ini diletakan di pada posisi hampa udara yang ada diluar angkasa dengan cara dikendalikan dari bumi satelit tersebut atau istilah lainnya adalah stasiun pengendali. Ada dua fungsi satelit yaitu : Uplink yaitu Transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit.Sebagai contoh : sinyal yang ada distasiun dikirim ke satelit VSAT/IM2/PALAPA dan Downlink yaitu Transmisi dari satelit ke stasiun bumi. Sebagai contoh : Setelah menerima sinyal dari bumi, maka satelit VSATE/IM2/PALAPA ini akan kembali mengirim ke bumi untuk disiarkan kembali ,yang mana sinyal tersebut dipancarkan ke antena penerima di bumi/TV/TOWER. Fungsi lain satelit, yaitu :
  • Sebagai transmisi sinyal jarak jauh. Sebagai contoh yaitu pada sistem jaringan WAN, yang mana sinyal internet secara global.
  • Repeater di langit. Yang dimaksud adalah sebagai penguat sinyal, misalnya jarak sinyal yang akan dikirim tersebut sangat jauh tentu perlu yang namnya Repeater atau pembantu sinyal istilah lainnya adalah penambah daya sinyal.
  • Melihat cuaca dan iklim. Ini biasanya digunakan pada BMKG yaitu memantau keadaan alamat baik itu angin, air laut, tanah, gempa bumi, gunung merapi dan sebagainya yang bisa dipantau melalui satelit ini.
  • Komunikasi siaran radio. Ini sudah pasti kita tahu dengan namanya radio yang mana juga tidak jauh berbeda dengan sinyal pada TV. Hanya radio mengirimkan data suara saja sedangkan TV suara dan gambar yang bisa ditampilkannya.
  • Kepentingan militer. Ini sebagai contoh adalah untuk mengendalikan pesawat tanpa awak menggunakan sinyal satelit yang mana nantinya bisa di kontrol pesawat tanpa awak dari jarak jauh.
  • Mengkaji benda benda dilangit. Nah pada point ini yaitu fungsi satelit sebagai alat untu meneliti benda-benda yang ada di alam ini, baik itu dibumi ataupun diluar angkasa.

11. Repeater

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).





12. BTS (Base Transceiver Station)

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlBTS adalah kependekan dari Base Transceiver Station. Terminologi ini termasuk baru dan mulai populer di era booming seluler saat ini. BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell. Komunikasi seluler adalah komunikasi modern yang mendukung mobilitas yang tinggi. Dari beberapa BTS kemudian dikontrol oleh satu Base Station Controller (BSC) yang terhubungkan dengan koneksi microwave ataupun serat optik.


13. Antena Wajan Holic

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Wajan Bolic adalah sebuah antena yang terbuat dari bahan dasar Wajan. Wajan Bolic adalah versi keduanya dari Antena Grid, bedanya Wajan Bolic dengan Antena Grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya. Antena grid / satelit seperti yang kita tahu, harganya sangatlah mahal, mungkin bisa 2 atau 3 juta-an Woow... Sementara Wajan Bolic hanya membutuhkan biaya kurang dari 200.000. Dengan fungsinya yang hampir sama dengan antena grid, Wajan Bolic lebih efisien. Wajan Bolic merupakan antena reciever gelombang radio dengan frekuensi 2.4Ghz. Dan hebatnya lagi, Wajan Bolic adalah karya anak Indonesia. Fungsi dari antena wajan holic, yaitu :
  • Menembak sinyal WI-FI yang letaknya jauh (bisa menembak sampai 2 Km-9Km)
  • Memperkuat sinyal wi-fi
  • Menambah sinyal Modem (jika di gunakan untuk modem, bisa menembak HSDPA sampai HSUPA)

14. Bridge

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak; jika segmennya berbeda, paket diteruskan ke segmen tujuannya. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak untuk tak menyebar keluar dari satu segmen.

15. Switch

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Switch yang dimaksud di sini adalah LAN switch. Switch adalah perluasan dari konsep bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu :
  • Cut-through
  • Store-and-forward
Switch cut-through memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuannya sebelum meneruskan ke segmen tujuan. Switch store-and-forward, kebalikannya, menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan. Waktu yang diperlukan untuk memeriksa satu paket memakan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan
pada paket dan mencegahnya agar tak mengganggu jaringan. Dengan teknologi terbaru, kecepatan switch store-and-forward ditingkatkan sehingga mendekati kecepatan switch cut-through. Di pasaran Anda juga bisa memilih switch hibrid yang menggabungkan arsitektur cut-through dan store-and-forward.
Dengan switch, Anda mendapatkan keuntungan karena setiap segmen jaringan memiliki bandwidth 10Mbps penuh, tidak terbagi seperti pada “shared network.” Dengan demikian kecepatan transfer data lebih tinggi. Jaringan yang dibentuk dari sejumlah switch yang saling terhubung disebut “collapsed backbone.” Saat ini banyak orang memilih menggunakan jaringan Ethernet 10Mbps pada segmen-segmennya dan Fast Ethernet 100Mbps pada koneksi ke server. Untuk keperluan ini digunakan switch 10/100 yang biasanya memiliki beberapa (4-24) port 10Mbps untuk koneksi ke komputer klien dan 1 port 100Mbps ke komputer server.
Product sejenis ini adalah :3com superstack, corebuilder dan cisco catalyst serta dlink

16. Router

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.html
Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring. Router minimal memiliki 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya tentang mengenal teknik subneting telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya bisa terjadi dengan bantuan Router.


17. Access Point

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlAccess Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Access point memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan. Dan juga digunakan untuk
membuat koneksi wireless pada sebuah jaringan. Access Point dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) yang merupakan perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.

18. Print Server

http://dickyamahendra.blogspot.com/2015/01/piranti-jaringan-komputer.htmlSebuah server cetak , atau printer Server , adalah komputer atau perangkat yang terhubung ke satu atau lebih printer dan computer klien melalui jaringan , dan dapat menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai.
Istilah ini dapat merujuk kepada:
  • Sebuah jaringan computer host dengan satu/lebih printer bersama.
  • Sebuah jaringan komputer yang mengimplementasikan protokol pencetakan seperti internet printing protocol, jalur deamon protocol atau Microsoft protocol jaringan percetakan.
  • Sebuah perangkat khusus yang menghubungkan satu atau lebih printer ke jaringan area local (LAN). Biasanya memiliki konektor LAN tunggal, biasanya sebuah RJ-45 soket, mungkin sebuah wifi koneksi, dan satu atau lebih port printer fisik, biasanya beberapa kombinasi dari DB9 DB25 atau seri konektor, Centronics parallel konektor, dan (universal serial bus) konektor . Pada dasarnya perangkat ini didedikasikan menyediakan konversi protokol mencetak dari apa yang dikirim oleh komputer klien untuk apa yang akan diterima oleh printer. Perangkat cetak dedicated server ]dapat mendukung berbagai protokol termasuk pencetakan LPD / LPR di jaringan melalui TCP / IP , NetWare , NetBios / Net Beui lebih dari NBF, Port TCP 9100 atau raw printer melalui protokol TCP / IP , DLC atau IPX / SPX. Peralatan dedicated server cenderung cukup sederhana dalam kedua konfigurasi dan fitur. Cetak fungsi server dapat diintegrasikan dengan perangkat lain seperti router nirkabel, firewall, atau keduanya.

1 comment:

Tulis Komentar ....